Facebook Twitter Google RSS

Selasa, 15 Januari 2013

Mengatasi Triplek yang Melengkung

Unknown     22:13  No comments

Tips Mengatasi Triplek yang Melengkung



Triplek merupakan salah satu jenis bahan pembuatan furniture. Selain untuk furniture triplek juga bisa dimanfaatkan untuk banyak kepentingan. Triplek sekarang ini banyak sekali, mulai dari bermacam – macam ketebalannya hingga beragam jenis bahan atau kayu yang digunakan untuk membuat triplek.
Kelemahan Triplek
Tetapi tripek punya satu kelemahan yang sering kita jumpai yaitu mudah melengkung atau bergelombang. Apalagi jika tingkat ketebalan triplek hanya 3mm akan sangat rentang pada sobekan dan mudah melengkung. Jika Anda ingin memakai bahan triplek untuk furniture Anda sebaiknya pilihlah yang berkualitas. Tingkatan kualitas ini bisa dilihat dari segi berat dan warna triplek. Triplek yang bagus agak susah dipotong dengan gergaji atau pisau cutter dan warnanya agak merah atau agak gelap kecoklatan. Sedangkan triplek yang jelek bobotnya ringan, mudah melengkung jika dijemur dan mudah dipotong dengan pisau cutter.
Cara Mengatasi Kelemahan Triplek
Walau Anda menginginkan kualitas triplek untuk furniture yang bagus, tetapi Anda akan kesulitan mendapatkannya jika Anda membeli furniture yang sudah jadi. Hal ini dikarenakan triplek yang bagus biasanya dijual khusus di toko yang menjual tripleks. Untuk mengatasi masalah tersebut ada beberapa cara yang perlu dilakukan jika bahan triplek furniture Anda mengalami perubahan, diantaranya adalah :
      1.  Cara Meratakan Triplek Sebelum Kita Meluruskanya.
      Adapun cara meratakan triplek sebelum kita meluruskannya yaitu :
  • Dempul bagian yang berlobang atau kasar menggunakan campuran kalsium dan lem kayu. Jika Anda ingin mempercepatnya bisa menggunakan cat tembok yang agak kental dengan menutup bagian yang kurang rata tersebut dengan alat kape ataupun potongan triplek).
  • Selain cara di atas juga bisa dengan menggunakan cat tembok dan kuwas yaitu dengan model pengecatan tutul-tutul.

2.  Cara Meluruskan Triplek Yang Melengkung Dengan Menggunakan Air.
Jika Anda ingin mengecat ulang triplek tersebut dengan cat minyak, Anda bisa mengguyur triplek tersebut dengan air lalu angin – anginkan sebentar dengan menyenderkannya pada dinding supaya air yang terserap triplek tidak terlalu banyak lalu letakkan pada lantai yang kering dan rata pada tempat teduh biarkan hingga kering. Maka setelah triplek tersebut kering maka triplek yang melengkung menjadi lurus kembali.

3.  Cara Meluruskan Triplek Yang Melengkung Dengan Cat Tembok.
Dalam meluruskan triplek selain menggunakan air juga bisa menggunakan cat tembok. Cat yang digunakan bisa menggunakan cat tembok oplosan. Caranya dengan mengecat triplek tersebut dengan cat dasar atau cat oplosan untuk menutupi pori-pori.  Lalu letakkan pada lantai yang rata biarkan sampai cat dan triplek kering.

Kesimpulan
Itu beberapa cara dalam meluruskan triplek. Cara ini sebenarnya lebih cocok untuk triplek yang belum jadi bahan furniture dan dalam bentuk potongan – potongan sehingga lebih mudah dalam pelurusannya. Cara ini cocok untuk triplek yang ingin dibuat untuk kaligrafi. baca juga tips memotong triplek

source link

Unknown


Saya seorang salesman dan agen properti. Bagi Anda yang membutuhkan triplek, properti (jual/beli/sewa), ojek online dan kirim barang, bisa hubungi saya.
SMS/WA : 0813 6348 9977 →

0 komentar :

Bisnis Online

Freeware

Interior

MARKETING

MARKETING
ADY KURNIAWAN PUTERA

HP / WA : 0813-6348-9977